Sunday 29 September 2013

KSK #PPSMB Teknik UGM 2013

Beberapa waktu yang lalu, saya mengikuti kepanitian PPSMB Teknik UGM 2013 (Ospek Fakultas Teknik UGM). Untuk yang tahun ini namanya Prajurit. Singkatannya saya lupa. Yang nggak saya lupa, ada lho yang mengira itu semacam pelatihan militer #efek sebuah nama *dasar maba aneh* . Ketua SCnya kali ini adalah Mas Ara. Meskipun kesannya muka sangar tapi ikat rambutnya warna pink, haha. 
Saat pengumuman ada oprec ppsmb, saya langsung daftar tanpa ragu. Buat ngisi liburan sih, daripada jadi pengangguran di rumah atau jadi anak maen mulu kan ngabis-abisin duit. Saya sebenernya pengen jadi pemandu, tapi ya tau diri aja sih, nanti cetakan mabanya jadi nggak bagus kan bahaya haha. Jadi akhirnya saya memutuskan mendaftar KSK dan diterima. KSK itu singkatan versi alaynya adalah Keren Sekali Kakak, haha. Nah kalau singkatan normalnya KSK itu Kesekretariatan.
Tugas kita adalah mayoritas mengurus sesuatu yang bisa dibilang berhubungan dengan data. Banyak yang bilang ribet, padahal sebenernya ya emang agak ribet sih, tapi asik kok, bisa ngepoin maba haha.
Apa saja sih tugasnya?
- Nge-data maba
disini kita tugasnya ngepo-in maba, bermodal pengumuman di koran yang berisi nama nama maba kemudian kita cari namanya di socmed dan kita masukin ke group untuk diberi info-info penting yang berhubungan dengan PPSMB.
- Buat Guide Book
guide book itu istilah lainnya buku panduan maba yang isinya antara lain ada profil profil KM/HM jurusan, bso, bem, sejarah teknik, susunan acara PPSMB, dkk. Intinya sih pengenalan fakultas teknik.
- Buat Sertifikat
kerja ksk memang bukan hanya di awal acara atau hari H acara, tetapi juga sesudah acara, yaitu bikin sertifikat bagi maba yang sudah lulus PPSMB dan bagi panitia yang juga sudah lulusPPSMB (?).
- Nge-data barang sitaan
barang barang yang dibawa maba -yang sebenarnya tidak boleh dibawa- akan disita. Tentu saja harus didata kan? Biar tidak keliru. Selanjutnya bagi maba yang membawa barang tersebut akan diberi poin pelanggaran.
- Mencatat pelanggaran yang dilakukan maba
data pelanggaran selanjutnya akan diberi poin pelanggaran juga untuk pertimbangan lulus atau tidaknya maba.
- Mengurus registrasi ulang
untuk yang satu ini, kita nggak kerja sendirian, ada sekbend, propin, logistik, dan yang lainnya. KSK mengurus di bagian formulir pendaftaran sama jaga meja registrasi.
- Mengoreksi tugas Gamada
3 macam tugas individu dari 1000-an gamada dikoreksi tim ksk yg hanya ber-11. Tugas kelompoknya juga. Sebenernya ada enaknya sih, bisa kepo-kepo gitu, ada yang nulis tugasnya niat banget dan isinya bagus dan bermutu, ada yang asal-asalan dan isinya ngaco banget bikin gatel buat ngasih komentar, dll.  Meskipun asik, lama lama bosan juga kalo kebanyakan hehe
- Mengurus absen
absensi panitia maupun maba.
Dan masih ada lagi tugas remeh temeh lainnya yang tidak boleh diremehkan hehe
Koor KSK tahun ini namanya mbak Fina. Orangnya asik. Santai tapi klakon . Melalui oprec lahirlah anak anak mbak Fina yang berjumlah 10 orang termasuk saya. Ada mbak Ira. Anak geodesi, orangnya baik, kelakuannya mirip sama temenku, calon penulis juga sepertinya kayak temenku, sama sama orang Solo pula, aku jadi curiga, jgn-jgn mereka.... Ada mbak Ema dari industri. Kalau ngomongin mbak Ema langsung keinget printer, haha maklumlah dia kan pembawa printer setia-nya KSK. Ada mas Yoga. Anak elektro, sebut saja orang ter-geje dan ter-alay di lingkungan KSK, meskipun begitu keberadaannya sangat dibutuhkan mbak Fina pada khususnya dan anggota lain pada umumnya. Ada mas Rendy. Sesama pejuang tekkim seperti saya, mantan KSK tahun lalu yang sudah berpengalaman haha. Ada Harfan. Pejuang tekkim juga, berangkatnya biasanya paling on time *pas banget dikasih tugas jadi pembawa absen haha, orangnya rapi cocok kalau jadi KSK, nyimpen kertas penting ya di map, nggak asal di plastik, pulpen warna lengkap, cewek aja pada kalah saing haha. Ada Galuh dari industri yang sukanya cerita absurd. Ada Okta dari sipil, si blibers yang agak alay, yang sampai sekarang masih membuat saya heran, kok bisa sih suka sama Biber? Selain itu dia juga addicted to 'mas mas korea' -__-. Galuh dan Okta itu teman sehati saya, di lingkungan ksk kita dikenal dengan nama Trio Kwek Kwek -__-. Oh iya ada juga Habib. Anak fistek yang suka promosi Marching Band ke maba di sela sela kerjaannya *saya yang bukan maba pun terbius iklannya*. Ada Ihsan. Anak sipil, si tanpa ekspresi yang sok cool meskipun lama lama ketauan juga aslinya haha.
tim ksk incomplete
galuh, okta, aku
Sekian cerita dari saya. Buat yang baca ini, jangan lupa kalau ada oprec panitia ospek daftar KSK yaa, dijamin seru deh! 
Sekian.
Sampai jumpa di posting selanjutnya..


No comments:

Post a Comment