Wednesday 18 January 2023

BERPISAH


"Jadikan ini perpisahan yang termanis
Yang indah dalam hidupmu
Sepanjang waktu"

Sepanjang hari lirik lagu itu berputar di kepalaku. 

Memangnya ada ya perpisahan termanis? 
Aku masih tidak percaya pada perpisahan baik-baik. Omong kosong sekali. 
Berkali aku mencoba untuk berpisah baik-baik. Menjadikan perpisahan menjadi sebuah hal yang manis. Agar kisah tak terasa pedih. Agar tidak ada luka. Agar tidak ada yang tersakiti. Indah untuk dikenang. 

Sampai akhirnya kembali di titik yang sama. Kembali dan kemudian berpisah lagi. Lagi dan lagi sampai yang ke sekian kalinya. 

Mungkin perpisahan manis hanyalah kedok. Dua manusia yang tidak bisa berpisah. Tidak tegas pada keputusan masing-masing. Saling menipu diri sendiri. Masih saling berharap tapi enggan berjuang. Tak mengakui ketakutan dalam diri. Tak benar-benar jujur. Tak ingin menerima kenyataan. Benar-benar pengecut. Tak ingin berpisah tapi tak sanggup berjuang. 

Hingga akhirnya, keduanya lelah tanpa arah. Tidak bergerak maju. Seperti ruang kosong yang saling bertemu, kehampaan semakin jelas terasa.  Semua yang mengambang lambat laun terlihat jelas. Semua yang terpendam akhirnya keluar tak berkesudahan. Tak henti saling menyakiti. Hingga sampai keyakinan bahwa berpisah adalah jawaban. Tak ada lagi perpisahan manis. Segala kembali pada hakikatnya. Perpisahan yang pahit. Menyisakan luka yang dalam. Bersiap menerima kenyataan. 

#5CC #5CCDay5 #TantanganMenulis

No comments:

Post a Comment